Dirjen Kemenag: Perkuliahan UIII Dimulai September 2020

0
58

Sumber: monitor.co.id

Jakarta, Liputanislam.com– Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Kemenag), Prof Kamaruddin Amin mengatakan bahwa pembangunan berbagai fasilitas Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang berada di Depok, Jawa Barat terus dilakukan dalam proses perampungan. Menurutnya, aktivitas perkuliahan UIII ditargetkan dapat dimulai pada September 2020 mendatang.

“Asrama sudah selesai, sekarang sedang dibangun gedung rektorat, ruang kelas dan juga sedang dibangun rumah dosen, rumah profesor juga sedang dibangun. Dan kita targetkan September ini sudah bisa selesai sebagian meski belum tuntas semuanya, tapi setidaknya perkuliahan sudah bisa berjalan,” ucapnya di Jakarta pada Jumat (14/2).

Menurut Amin, selain menjadikan UIII sebagai kampus yang mempunyai kualitas baik dalam program studi dan proses belajar mengajar, pemerintah ingin mengenalkan pada dunia tentang ciri khas Islam di Indonesia. Islam yang ramah, moderat, dan sejalan dengan budaya bangsa Indonesia.

“Kita juga ingin mempromosikan Islam Indonesia, ciri khas Islam di Indonesia yang moderat, jadi budaya Indonesia juga akan kita perkenalkan. Bagaimana artikulasi Islam di indonesia bagaimana islam berdialog dengan budaya bagaimana Islam termanifestasi dalam budaya. Indonesia adalah salah satu model artikulasi Islam yang kita anggap ideal dan ingin kita jadikan model dan jadi salah satu yang ingin kita perkenalkan,” katanya.

Baca: Presiden Jokowi: UIII Proyek Strategis Nasional

Sementara, Rektor UIII Prof Komaruddin Hidayat mengatakan bahwa mahasiswa UIII nantinya separuhnya adalah mahasiswa dari luar negeri. “Karena ini berstatus PTNBH, universitas dituntut lebih aktif menjalin kerjasama dengan berbagai universitas di dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa  mitra asing sudah menyatakan berminat,” ungkapnya. (aw/republika).

DISKUSI:
SHARE THIS: