Wamenag Minta Perguruan Tinggi Perhatikan Kondisi Mahasiswa

0
222

Sumber: salam-online.com

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi meminta perguruan tinggi khususnya yang berada dibawah naungan Kemenag (PTKI) agar memperhatikan kondisi mahasiswanya selama menerapkan pembelajaran dari rumah atau learning from home (LFH) selama masa darurat Covid-19. Banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk soal sumberdaya mahasiswa.

“Kondisi-kondisi tersebut termasuk sumber daya, kreativitas, metode pembelajaran dan penilaiannya, serta kondusifitas lingkungan saat pembelajaran online,” ujarnya di Jakarta pada Rabu (22/4).

Wamenag meminta para pimpinan perguruan tinggi agar segera melakukan penyesuaian proses kerja di tengah darurat Covid-19. Termasuk juga menerapkan manajemen perubahan secara terencana, dengan mempertimbangkan potensi konsekuensi  dan rencana penanganannya.

“Ini dengan tetap memastikan dan memperhatikan ketersediaan sumber daya (prasarana maupun SDM), serta alokasi dan realokasi otoritas dan penanggung jawab proses,” ucapnya.

Baca: Ustad Abdul Somad Bagikan APD dan Doakan Tenaga Medis

Terlebih dalam pembelajaran, result oriented perlu juga dipertahankan. “Tolok ukurnya adalah meningkatnya kesadaran literasi dan kemampuan mahasiswa mengartikulasikan kekayaan literasi pada lingkup studi. Hal lain dalam proses pembelajaran seperti banyaknya tugas, absensi, dan lainnya perlu dipertimbangkan untuk relaksasi, mengingat dalam waktu dekat juga akan masuk Ramadhan,” tandasnya. (aw/netralnews/kemenag).

DISKUSI: