Wamenag: Mahasiswa Terdampak Pandemi Bisa Ajukan Keringanan UKT

0
138

Sumber: islampos.com

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa mahasiswa perguruan tinggi khususnya yang berada di bawah naungan Kemenag (PTKIN) yang terdampak akibat munculnya pandemi Covid-19 dapat mengajukan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Permohonan dapat diajukan kepada Rektor masing-masing.

“Bila ada mahasiswa yang keberatan untuk membayar UKT secara full, bisa mengajukan keringanan atau UKT banding kepada Rektor. Sehingga ini bisa diberikan keringanan,” ujarnya di Jakarta pada Selasa (5/5).

Hal itu disampaikan Zainut menanggapi salah satu pertanyaan mahasiswa tentang kebijakan pembatalan pemotongan 10 persen UKT. Menurutnya, pemotongan anggaran sebesar 2,6 triliun guna penanggulangan nasional covid-19 disebut menjadi faktor untuk mempertimbangkan kembali rencana pemotongan UKT PTKIN sebesar 10 persen tersebut.

“Itu jumlah yang tidak sedikit, sehingga kami mempertimbangkan kembali (pemotongan UKT),” ucapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya memikirkan hal yang lebih besar, yaitu program nasional yang juga bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia. Terlebih saat ini prioritas Pemerintah untuk menanggulangi Covid-19 menjadi hal utama.

Baca: Ramadhan Ditengah Pandemi, Ketua SI Ajak Muliakan Anak Yatim

Walaupun tidak ada pemotongan UKT 10 persen, lanjut Zainut, PTKIN tetap memberikan peluang untuk pengajuan keringanan bagi mahasiswa yang terdampak Covid-19.  “Untuk itu, bagi yang berat, terutama sebagian saudara atau teman kita yang terdampak secara serius, dapat diberikan kelonggaran. Untuk menyampaikan banding kepada Rektor agar diberikan keringanan,” tandasnya. (aw/republika).

DISKUSI: