Virus Corona Merebak, Sri Mulyani: Dampaknya ke Ekonomi Lebih Besar dari Perang Dagang

0
58

Sumber: tempo.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut dampak virus corona terhadap ekonomi lebih besar dibandingkan dengan perang dagang.

Sri Mulyani mengungkapkan, penyebaran virus corona menyerang berbagai aspek ekonomi, baik dari sisi industri, perdagangan, investasi, dan pariwisata. Akibatnya, ekonomi global yang diprediksi akan tumbuh dibayang-bayangi oleh ketidakpastian.

“Pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan mengalami peningkatan karena perbaikan kondisi keuangan global dan berkurangnya ketegangan perdagangan, dibayangi oleh risiko ketegangan geopolitik, ketidakpastian kebijakan dan Covid-19,” tulis dia dalam aku Facebook resminya, (23/2).

Baca: Inflasi Februari Diperkirakan Terkerek Gara-gara Virus Corona

Dalam hal ini, Indonesia akan terus melakukan reformasi struktural untuk meningkatkan potensi pertumbuhan. Kebijakan fiskal dan moneter harus terus diperbaiki untuk menggerakan pertumbuhan.

“Perdagangan internasional dan investasi juga harus ditingkatkan karena merupakan mesin penting pertumbuhan, produktivitas, inovasi, penciptaan lapangan kerja, dan pembangunan,” ujarnya.

Ekonom Chatib Basri juga mengafirmasi pernyataan Menkeu. Dia mengatakan, virus corona memiliki dampak yang signifikan terhadap sejumlah sektor, khususnya yang memiliki koneksi dengan global. Di Indonesia, sektor pariwisata dan perdagangan diprediksi akan tertekan.

“Sektor yang terkena adalah yang memiliki link dengan global, termasuk misalnya tourism, ekspor, impor. Hal yang harus diantisipasi adalah penurunan ekspor, menurunnya impor yang bisa mengakibatkan kenaikan harga bila barangnya tak tersedia di domestik, atau menurunnya barang modal,” jelasnya. (sh/liputan6/kumparan)

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS: