Ulama Aceh Imbau Umat untuk Sementara Tak Gelar Kenduri Quran

0
151

Sumber: tribunnews.com

Banda Aceh, Liputanislam.com– Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk H Faisal Ali atau yang biasa disapa Lem Faisal mengatakan bahwa pihaknya mengimbau masyarakat khususnya umat Islam agar untuk sementara waktu tidak menggelar kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, termasuk kegiatan Kenduri Nuzulul Quran.

“Kami mengimbau masyarakat tidak menggelar kenduri Nuzulul Quran karena saat ini sedang mewabah virus corona,” ucapnya di Banda Aceh pada Rabu (6/5).

Lem Faisal mengakui bahwa Kenduri Nuzulul Quran di setiap bulan suci Ramadhan sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh. Dalam kenduri tersebut masyarakat memasak kari Aceh atau biasa disebut “kuah beulangong”. Namun untuk tahun ini karena muncul wabah, maka ia minta masyarakat agar benar-benar memahami keadaan sekarang.

“Kalau memang ingin melaksanakan kenduri, makanan diantar saja rumah masing-masing masyarakat. Boleh kenduri, tetapi jangan makan bersama di masjid atau meunasah, tetapi di rumah masing-masing,” katanya.

Baca: Menhub Buka Transportasi ke Luar Daerah Mulai Besok

Bahkan MPU sendiri, tambah Lem Faisal, telah mengeluarkan tausiyah tata cara beribadah dalam bulan puasa, termasuk harus dihindari kegiatan berbuka puasa bersama dan kenduri Nuzulul Quran. “Kami ingatkan jangan remehkan pandemi Covid-19 yang sedang terjadi sekarang ini. Hindari kerumunan dan jaga jarak. Patuhi anjuran pemerintah dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tambahnya. (aw/antaranews/republika)

DISKUSI: