Sore Hari, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 16.150 per Dolar AS

0
332

Sumber: market.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Selasa (7/4) sore menguat ke posisi Rp 16.150 per dolar AS. Rupiah menguat 1,56 persen di pasar spot berdasarkan data Refinitiv.

Pada pembukaan perdagangan, rupiah berada di posisi Rp 16.380 per dolar AS atau sama dengan penutupan perdagangan satu hari sebelumnya. Kemudian, rupiah melemah 0,12 persen ke posisi Rp 16.400 per dolar AS pada pukul 13.00 WIB.

Akan tetapi, rupiah berhasil mengalami penguatan satu jam sebelum perdagangan dalam negeri ditutup di posisi Rp 16.150 per dolar AS. Mayoritas mata uang utama Asia pun mengalami penguatan terhadap dolar AS di menit-menit akhir.

Baca: Rupiah Menguat ke Posisi Rp 16.310 per Dolar AS

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah disebabkan oleh masuknya sentimen positif ke pasar sehingga mendorong penguatan indeks saham.

“Sentimen positif kembali masuk ke pasar keuangan yang mendorong penguatan indeks-indeks saham AS, Eropa kemarin dan Asia pagi ini,” kata Ariston, Selasa (7/4).

Saat ini pasar merepon positif melambatnya laju kasus positif Covid-19 di AS dan Eropa sebagai pusat pandemi global. Hal ini membuat pelaku pasar kembali masuk ke aset-aset berisiko.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam kurun waktu 20 Januari hingga 6 April, rata-rata pertumbuhan jumlah kasus corona sebesar 12.52 persen per hari. Sejak 24 Maret, pertumbuhan jumlah kasus baru sudah di bawah 9,67 persen. Bahkan, dalam delapan hari terakhir, pertumbuhan kasus baru per harinya sudah satu digit. (sh/cnbcindonesia/liputan6)

 

 

 

DISKUSI: