Sesuai Perintah Presiden, 188 WNI di Kapal World Dream Dievakuasi

0
41

Sumber: setkab.go.id

Jakarta, Liputanislam.com– Sesuai arahan dan perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (26/2) sebanyak 188 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kapal World Dream dievakuasi menggunakan Kapal KRI Dr. Soeharso. Juru Bicara Presiden, M. Fadjroel Rahman mengatakan bahwa proses evakuasi berlangsung beberapa jam.

”Dengan kecepatan kapal sekarang, diperkirakan KRI Dr. Soeharso akan sampai di lokasi pertemuan (rendevouz) dengan kapal pesiar World Dream sekitar jam 12.00 WIB siang tadi,” ucapnya di Jakarta pada Rabu (26/2).

Setelah dievakuasi, kemudian para WNI akan dibawa ke Pulau Sebaru Kepulauan Seribu sebagai proses transit observasi. ”Transit observasi minimal berlangsung 14 hari di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sesuai protokol World Health Organization (WHO),” terangnya.

Sementara, sebelumnya Presiden Jokowi sendiri telah memerintahkan agar pihak terkait untuk mengevakuasi WNI yang berada di Kapal World Dream. Jumlahnya lebih banyak yaitu 188 yang itu juga berada di dekat kita, sudah di dekat kita, sehingga kita putuskan, saya perintahkan untuk ini diselesaikan dulu. Segera dijemput pakai KRI Soeharto dan dibawa,” ujarnya.

Baca: Pemerintah Masih Pertimbangkan Evakuasi WNI di Kapal Diamond

“Untuk lokasi memang kemarin ada persoalan karena kapasitas, karena fasilitas-fasilitas yang ada di pulau dalam menyelesaikan ini. Untuk itu, akhirnya diputuskan di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, karena kesiapannya lebih baik,” ungkapnya. (aw/setkab/tempo).

DISKUSI:
SHARE THIS: