Pemerintah Masih Pertimbangkan Evakuasi WNI di Kapal Diamond

0
4

Sumber: pikiran-rakyat.com

Jakarta, Liputanislam.com– Menteri Koordintor Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Mahadjir Effendy menanggapi terkait upaya  penanganan warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini sedang berada di Kapal Diamond Princess. Muhadjir mengatakan bahwa pemerintah masih mempertimbangkan untuk melakukan evakuasi dengan prinsip keahti-hatian.

”Masih beberapa opsi. Kita menunggu keputusan Presiden, semua sudah kita ajukan opsi-opsinya, dan Presiden harus menimbang kan, dan selalu beliau menyampaikan bahwa ini harus dipertimbangkan dengan penuh kehati-hatian,” ucapnya usai mengikuti Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta pada Selasa (25/2).

“Tidak boleh ceroboh, tidak boleh grusa-grusu, karena ini menyangkut nasib keselamatan penduduk Indonesia,” ujarnya.

Muhadjir menyampaikan bahwa Pemerintah bukan mengulur waktu namun mempertimbangkan agar Indonesia tidak jadi episentrum baru. ”Kita pertimbangkan matang betul karena kan kita tidak ingin Indonesia menjadi episentrum baru, itu loh. Karena kalau sudah jadi episentrum baru itu akan menyangkut 264 juta penduduk kan,” ungkapnya.

Baca: Wakil Menkes Iran Terjangkit Corona, Namun Tetap Janjikan Kemenangan

Hal senada juga disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto yang mengatakan bahwa pemerintah masih mengkaji lebih lanjut. Belajar dari yang terjadi di Amerika dan Australia sehingga menerapkan cara khusus negosiasi dengan Jepang untuk ambil jalan yang tepat.

“Apa yang terjadi dengan Amerika, apa yang terjadi dengan Korea, apa yang terjadi dengan Australia, kita kan ndak boleh niru, yang membuat menjadi episentrum baru,” ujarnya. (aw/setkab/liputan6).

DISKUSI:
SHARE THIS: