Seskab: Pemerintah Saat ini Fokus Pada Pembangunan SDM

0
135

Sumber: gesuri.id

Malang, Liputanislam.com– Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung mengatakan bahwa pemerintah saat ini terus fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang  unggul dan berkualitas. Berbagai hal dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, termasuk terkait hal yang paling mendasar yakni pengelolaan pendidikan.

“Kita sedih melihat anak-cucu kita yang sekolah membawa tas penuh dengan semua buku yang sangat berat. Mereka kehilangan kegembiraan, tidak ada wajah optimisme, mau berangkat sekolah selalu terburu-buru karena buku dan tugasnya begitu banyak,” ucapnya saat di Malang, Jawa Timur pada Sabtu (8/2).

Menurut Pramono, pemerintah akan melakukan perubahan yang sangat mendasar terkait pendidikan di tanah air. Tidak semua bidang ilmu akan disuguhkan, terlebih jika tidak ada relasi dan kegunaannya dengan tahap pendidikan selanjutnya. “Anak-anak dan cucu-cucu di masa depan tidak boleh lagi dibebani mata pelajaran yang begitu banyak. Kalau belajar dari bangsa-bangsa besar yang berhasil, mata pelajaran dasarnya tidak pernah lebih dari lima,” ujarnya.

“Bahkan di Jepang, sampai SD lebih banyak digali tentang budaya, matematika, bahasa, sopan santun. Termasuk di Norwegia yang pendidikannya terbaik di dunia, tidak seperti kita,” tambahnya.

Baca: KH Said Aqil Siroj: Jadi Umat Moderat Butuh kecerdasan

Sementara terkait tantangan dunia kerja yang semakin ketat, Pramono mengatakan bahwa kedepannya para mahasiswa akan betul-betul didekatkan dengan dunia industri. “Diminta magang 3 semester supaya mereka mempunyai cakrawala, cara berpikir (mindset) yang berubah. Tentunya perguruan tinggi juga harus siap untuk itu,” tandasnya. (aw/setkab/sindonews).

 

DISKUSI: