Sambut New Normal, PBNU Siapkan Protokol Salat Jumat

0
55

Sumber: republika.co.id

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Marsudi Syuhud mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang mempersiapkan protokol salat Jumat dalam menyambut kebijakan new normal oleh pemerintah. Apakah nanti salat Jumat akan dilakukan sekali atau beberapa gelombang, itu masih akan terlebih dulu dibahas oleh Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU).

“Satu gelombang menurut hukum asalnya. Namun karena ada covid-19,  sekarang lagi dibahas dulu,” ucapnya di Jakarta pada Rabu (3/6).

Menurut Kiai Marsudi, setelah pembahasan oleh Bahtsul Masail, maka dalam waktu dekat akan dikeluarkan instruksi menggelar salat Jumat bagi masyarakat khususnya warga NU (nahdliyin). Saat ini seluruh masjid NU juga tengah mempersiapkan pembukaan kembali sesuai ketentuan kenormalan baru. Seperti menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19.

“Adapun beberapa protokol kesehatan yang diterapkan NU seperti ibadah di masjid atau musala hanya boleh dilakukan bagi masyarakat yang berada di zona hijau,” ujarnya.

Kiai Marsudi menyatakan bahwa masyarakat yang menjalankan ibadah ke masjid harus dalam kondisi sehat. Rutin mengonsumsi vitamin c dan bila merasa kurang sehat tidak ikut salat berjemaah. Jamaah juga diminta membawa sajadah dari rumah, serta menggunakan masker saat menuju dan selama berada di masjid atau mushala.

Baca: Kang Emil Perintahkan Wagub Susun Protokol Kesehatan di Pesantren

“Jamaah dianjurkan tidak menggunakan transportasi umum menuju masjid. Jemaah disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau jalan kaki dan mengatur jarak fisik dengan orang lain selama perjalanan,” tambahnya. (aw/medcom).

DISKUSI:
SHARE THIS: