Rupiah Menguat ke Posisi Rp 14.065 per Dolar AS

0
108

Sumber: katadata.co.id

LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin (9/11) menguat ke posisi Rp 14.065 per dolar AS. Rupiah menguat 145 poin atau 1,02 persen dibandingkan perdagangan kemarin.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, penguatan rupiah masih dipicu oleh kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris atas Donald Trump dan Mike Pence pada pemilihan presiden AS. Terpilihnya Joe Biden dianggap bisa mempermudah perdagangan dunia dan kebijakan moneter.

Baca: Rupiah Menguat ke Posisi Rp 14.620 per Dolar AS

“Presiden terpilih dan timnya dilaporkan sedang mengerjakan paket bantuan Covid-19 untuk membantu mengatasi pandemi,” kata dia.

Biden berencana menunjuk sejumlah ilmuwan untuk memimpin penanganan Covid-19 ketika kasusnya melampau 50 juta kasus. Langkah ini telah disiapkan selama masa transisi pemerintahan.

“Upaya biden memillih ilmuwan yang akan membantunya menangani corona merupakan langkah yang disiapkannya selama masa transisi pemerintahan,” ujarnya.

Selain itu, kemenangan Biden dinilai dapat menguntungkan negara-negara emerging market seperti Indonesia. Sebab, perang dagang antara AS dan China diprediksi akan berakhir atau setidaknya tidak memburuk.

Senada dengan Ibrahim, Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra menilai, terpilihnya Biden sebagai presiden AS disambut baik oleh pasar. Pasar berekspektasi kebijakan Biden bisa lebih ramah dibandingkan presiden sebelumnya.

“Lebih ramah terhadap negara-negara lainnya dibandingkan dengan pendahulunya,” kata dia. (sh/kompas/cnnindonesia/cnbcindonesia)

 

DISKUSI: