Rupiah Menguat ke Posisi Rp 13.634 per Dolar AS

0
362

Sumber: jawapos.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Rabu (29/1) sore menguat ke posisi Rp 13.634 per dolar AS. Rupiah menguat 0,07 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) juga menempatkan rupiah di posisi Rp 13.634 per dolar AS atau menguat 13 poin dibandingkan perdagangan kemarin.

Direktur Riset Center of Reform on Economics Piter Abdullah Redjalam menilai, penguatan rupiah seiring penantian pasar terhadap kebijakan The Fed yang akan mengumumkan arah kebijakan moneternya pada dini hari nanti.

Baca: Rupiah Melemah, Analis: Masih Terdampak Kekhawatiran Virus Corona

“Di mana ada keyakinan bahwa The Fed masih akan melonggarkan moneter walaupun tidak menurunkan suku bunga acuan,” kata Piter, Rabu (29/1).

Selain itu, penguatan rupiah terjadi karena mata uang garuda ini sudah melemah dalam dua hari terakhir. Investor kembali masuk karena harga aset domestic kembali terlihat murah.

Hal yang sama dikatakan oleh Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra. Dia menyatakan, perhatian pasar beralih kepada keputusan kebijakan moneter Bank Sentral AS.

“Pasar masih memperhatikan perkembangan wabah virus corona. Tapi perhatian mungkin teralihkan ke keputusan kebijakan moneter bank sentral AS,” ujarnya.

Dia memprediksi, rupiah akan bergerak di kisaran Rp 13.600 per dolar AS hingga Rp 13.650 per dolar AS pada Kamis (30/1) esok hari. (sh/katadata/cnnindonesia)

DISKUSI:

Berita Menarik Lainnya