Rupiah Melemah ke Posisi Rp 15.073 per Dolar AS

0
122

Sumber: lampost.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin (4/5) pagi melemah ke posisi Rp 15.073 per dolar AS. Rupiah melemah 0,55 persen dibandingkan posisi pekan lalu.

Pada pembukaan pasar spot, rupiah sudah melemah 0,74 persen. Kemudian seiring perjalanan pasar, rupiah semakin melemah hingga ke Rp 15.000.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai, pelemahan rupiah dipicu oleh kekhawatiran pasar terhadap pelonggaran karantina wilayah di beberapa negara.

Baca: Rupiah Melemah ke Posisi Rp 15.380 per Dolar AS

“Pasar khawatir dengan pelonggaran karantina wilayah di beberapa negara akan menimbulkan kasus corona gelombang kedua,” kata Ariston.

Dia melanjutkan, pasar juga khawatir terhadap ketegangan hubungan antara AS dan China saat ini. Sebab, provokasi AS akan memicu perang dagang lagi antar kedua negara.

Selain itu, pasar mengantisipasi buruknya data-data ekonomi di AS dan di negara-negara pandemi lainnya, seperti data tenaga kerja, data indeks aktivitas, sektor jasa dan manufaktur, neraca perdagangan, dan data lainnya.

“Rupiah mungkin bisa melemah mengikuti sentiment negative tersebut,” ujarnya.

Dari sisi internal, pergerakan rupiah memang terhitung terus mengalami penguatan. Meski hari ini rupiah melemah, namun masih terapresiasi 8,46 persen di hadapan greenback dalam sebulan terakhir. Hal ini membuat rupiah rentan terserang ambil untung (profit taking).

Dia memprediksi, rupiah pada hari ini akan berpotensi tertekan ke posisi Rp 15.000 per dolar AS dan posisi dukungan di Rp 14.800 per dolar AS. (sh/republika/cnbcindonesia)

DISKUSI: