Rupiah Melemah ke Posisi Rp 13.669 per Dolar AS

0
69

Sumber: katadata.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin (21/1) melemah ke posisi Rp 13.669 per dolar AS. Rupiah melemah 0,22 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Pada pembukaan perdagangan, rupiah sudah melemah ke posisi Rp 13.644 per dolar AS. Sepanjang hari ini rupiah bergerak di kisaran Rp 13.643 per dolar AS hingga Rp 13.675 per dolar AS.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, pelemahan rupiah dipicu oleh sentimen eksternal, yaitu revisi proyeksi ekonomi global oleh Dana Moneter International (IMF).

Baca: Awal Pekan, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 13.639 per Dolar AS

IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini dari 3,4 persen menjadi 3,3 persen. Selain itu, IMF juga menurunkan prediksi pada 2021 sebesar 0,2 persen menjadi 3,4 persen.

Penurunan proyeksi tersebut terjadi setelah adanya kesepakatan dagang fase I antara AS dan China. Hal ini menunjukkan, kesepakatan dagang AS-China belum cukup untuk mendorong prerekonomian global pada tahun ini.

Adapun revisi proyeksi ekonomi ini disebabkan karena pertumbuhan di negara-negara berkembang lebih rendah. Sedangkan, pertumbuhan ekonomi di negara-negara maju diperkirakan stabil.

Dari sisi internal, perhatian pasar terhadap Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia mereda. Banyak pengamat menilai BI masih akan mempertahankan suku bunga acuan di angka 5 persen.

“Euforia pasar tentang Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia di 22-23 Januari meredup, setelah data eksternal yang cukup kuat,” kata dia. (sh/republika/cnbcindonesia)

DISKUSI: