Rupiah Jatuh ke Posisi Rp 15.640 per Dolar AS

0
228

Sumber: tempo.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (16/4) sore melemah ke posisi Rp 15.640 per dolar AS. Rupiah melemah 65 poin atau 0,42 persen dibandingkan perdagangan hari sebelumnya.

Sementara menurut kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah dari posisi Rp 15.707 per dolar AS ke posisi Rp 15.787 per dolar AS.

PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi megatakan, pelemahan rupiah dipicu oleh kekhawatiran pasar terhadap penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

Baca: Juara Asia, Rupiah Menguat 70 Persen Terhadap Dolar AS

“Pasar kembali khawatir dengan dampak ekonomi dari penyebaran pandemic virus corona,” kata dia, Jakarta, Kamis (16/4).

Kekhawatiran tersebut muncul karena data penjualan ritel AS yang mencapai 8,7 persen pada Maret 2020. Angka tersebut merupakan yang terendah dalam sejarah AS sejak 1992. Kemudian, aktivitas manufaktur New York yang minus 78,2 persen.

Selain itu, penurunan data ekonomi juga tercermin dari laporan bank sentral AS Feredal Reserve (Fed) yang menyatakan tingkat pengangguran akan naik akibat Covid-19.

Data IMF juga memproyeksikan prospek pertumbuhan ekonomi global akan minus pada tahun ini. Bahkan, ekonomi Asia diprediksi akan mencapai nol persen pada 2020. Ini prediksi terburuk sepanjang sejarah.

“Namun Asia diharapkan masih bisa lebih baik daripada wilayah lain,” ucapnya. (ss/antaranews/cnnindonesia)

DISKUSI: