Juara Asia, Rupiah Menguat 70 Poin Terhadap Dolar AS

0
215

Sumber: katadata.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan Rabu (15/4) menguat ke posisi Rp 15.575 dolar AS. Rupiah menguat 70 poin atau 0,45 persen dibandingkan pembukaan perdagangan.

Sedangkan menurut kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah menguat dari posisi Rp 15.722 per dolar AS ke posisi Rp 15.707 per dolar AS.

Rupiah menjadi mata uang Asia terkuat pada perdagangan Rabu (15/4). Penguatan rupiah ini diikuti baht Thailand yang menguat sebesar 0,03 persen, peso Filipina 0,1 persen, dan dolar Hong Kong 0,01 persen.

Baca: Sore Hari, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 16.150 per Dolar AS

Sementara mata uang Asia yang melemah terhadap dolar AS yaitu dolar Singapura sebesar 0,62 persen, rupee India minus 0,21 persen, dan yuan China minus 0,17 persen. Kemudian, yen Jepang minus 0,13 persen, ringgit Malaysia minus 0,1 persen, dan won Korea Selatan minus 0,01 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, penguatan rupiah sepanjang April 2020 dipengaruhi oleh meningkatnya aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan domestic, pasca ditempuhnya berbagai kebijakan fiskal dan moneter.

Di Indonesia, investor kembali memberikan sentimen positif karena berbagai penanganan virus corona dan bagusnya prospek pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, apresiasi rupiah terhadap dolar AS dipengaruhi data ekspor yang turun tipis 0,2 persen dan impor yang turun 0,75 persen.

“Ini lebih landau dari konsensus pasar yang mencapai minus 8,24 persen,” ujarnya.

Sedangkan dari sisi eksternal, dolar berhasil menguat dari mayoritas mata uang karena pasar merespon positif program pinjaman bank sentral AS. (sh/kompas/cnnindonesia)

DISKUSI: