Rijalul Ansor Pamekasan Gelar Pengajian Kitab Kuning Secara Online

0
127

Sumber: nu.or.id

Pamekasan, Liputanislam.com– Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Pamekasan, Ra Maltuful Anam mengatakan bahwa pihaknya ditengah wabah virus corona (covid-19) seperti sekarang ini tetap menggelar pengajian kitab kuning. Hanya saja, pengajiannya dialihkan dari tatap muka menjadi virtual atau online.

“Di tengah wabah virus Corona, spirit mendalami ilmu agama harus tetap kita gelorakan. Pengajian kitab kuning tiap Ahad malam tetap kita gelar, tapi tidak dalam bentuk tatap muka, melainkan kita memanfaatkan pengajian virtual atau jarak jauh via online,” ucapnya di Pamekasan, Jawa Timur pada Sabtu (28/3).

Menurutnya, sejauh ini pengajian secara online telah berlangsung lima kali pertemuan. “Sedari awal pengajian kitab tersebut juga memanfaarkan virtual atau online. Ada yang hadir langsung, tapi banyak pula mengaji dari jarak jauh. Insyaallah tidak akan mengurangi nilai sanad keilmuan karena sudah dapat izin dari para kiai atau lora yang mengisi pengajian kitab kuning. Mulai saat ini kami fokuskan pada pengajian via online,” ungkapnya.

Ra Maltuf juga menjelaskan, ada beberapa kitab kuning yang dibahas pada pengajian tersebut, diantaranya kitab Riyadus Sholihon, Minhajul Abindin, Nashoihul Ibad karya Syaikh Muhammad Hasan al-Bantani, dan ragam kitab kuning lainnya. Kitab yang dikaji pada umumnya karya-karya ulama nusantara, khususnya ulama kalangan NU.

Baca: MUI Keluarkan Fatwa Prosedur Pengurusan Jenazah Terinfeksi Covid- 19

“Juga diharapkan para kader Ansor dan masyarakat umum dapat berwawasan luas dari banyaknya karya-karya ulama yang selaras dengan paham keagamaan Nahdlatul Ulama (NU),” tambahnya. (aw/NU).

 

DISKUSI: