Rayakan Bulan Pancasila, BPIP Gelar Sejumlah Perlombaan Berbasis Virtual

0
91

Sumber: BPIP

LiputanIslam.com — Dalam rangka merayakan Bulan Pancasila 2020 yang berlangsung 1 Juni hingga 18 Agustus 2020 mendatang, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sejumlah perlombaan bertemakan Pancasila berbasis virtual. Begitulah cara BPIP untuk mengarus-utamakan nilai-nilai Pancasila secara efektif.

“Lomba itu dilaksanakan berbasis virtual mengingat kondisi saat ini masih dalam suasana pandemi COVID 19. Berbagai elemen masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa diharapkan ikut serta meskipun berada di rumah,” ujar Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa (02/06/2020).

Ia berharap lomba itu dapat memberi pemahaman sejarah bangsa maupun keluhuran bangsa dari generasi ke generasi kepada pemuda-pemudi Indonesia sehingga mereka dapat memelihara jati diri bangsa ini hingga menuju Indonesia Maju.

“Karena itu, perlombaan lebih diprioritaskan kepada para pelajar, mahasiswa, anak muda, dan kaum milenial agar mereka tergerak untuk mendalami lebih lanjut, menjadikan Pancasila sebagai working ideology yang bisa dirasakan di semua lini kehidupan masyarakat Indonesia,” kata dia.

Baca juga: Menteri Agama Umumkan Soal Kepastian Haji 2020

Semua jenis lomba itu mempunyai tema yang sama yaitu “ Pancasila Dalam Tindakan, Gotong Royong menuju Indonesia Maju.” Adapun beberapa jenis kegiatan yang dilombakan adalah Lomba Orasi Hari Lahir Pancasila, Lomba Menulis Cerita Pendek, Lomba Orasi Biografi Soekarno, Lomba Pembuatan Film Pendek dan Lomba Pembuatan Cerita Permainan Tradisional dalam bentuk video.

Untuk Informasi lengkap terkait perlombaan dan apresiasi Prestasi Pancasila tahun 2020 tersebut dapat diakses melalui situs www.bpip.go.id atau dapat disimak di media sosial milik BPIP yaitu di akun Instagram: @pembinaanideologipancasila, akun twitter: @BPIPRI dan akun facebook: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI. (Ay/Antara/BPIP)

DISKUSI: