Ratusan Santri Ikuti Bahtsul Masail Bahas Masalah Kekinian

0
97

Sumber: republika.co.id

Kediri, Liputanislam.com– Ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Jawa dan Madura mengikuti kegiatan bahtsul masail yang membahas banyak persoalan dan masalah kekinian. Kegiatan yang berlandaskan dalil dan kitab itu dilaksanakan di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur pada Rabu (12/2).

Panitia Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se-Jawa Madura KH Muhammad Makmun menjelaskan bahwa kegiatan bahtsul masail itu membahas berbagai persoalan yang dihadapi sekarang ini, seperti investasi emas dan potensi zakat. “Masalah yang dibahas beragam, di antaranya ada polemik ujian nasional, investasi emas, potensi zakat petani, dan berbagai tema lainnya,” katanya.

Menurutnya, para santri peserta bahtsul masail dibagi dalam beberapa komisi, dan setiap komisi membahas tema dan berlandaskan dengan dalil dan kitab-kitab dari ahli kitab. Hasil kegiatan nantinya diharapkan bisa menjadi bahan masukan untuk pemerintah dari sumbangan pemikiran para santri untuk NKRI lebih baik.

“Kegiatan ini juga kami jadikan wahana silaturahim antarpondok pesantren. Kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang membantu terlaksananya kegiatan ini dan kami minta maaf jika ada kekurangan. Kami mengusahakan sebaik mungkin,” ucapnya.

Baca: Indonesia Prakarsai Pertemuan DK PBB Bahas Keadaan Palestina

Sementara Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,  Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa santri sejak lama telah berperan besar bagi bangsa dan negara, termasuk juga terhadap berbagai persoalan hari ini. “Berbagai masalah kontekstual, kekinian itu selalu menjadi isu yang menarik di FMPP dan menjadi bahan diskusi yang sangat bagus,” ujarnya. (aw/republika).

DISKUSI: