Raih Prestasi, 3 Siswa MAN IC Batam Ikuti Studi Exchange ke Jepang

0
8

Sumber: kemenag.go.id

Batam, Liputanislam.com– Sebanyak tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Batam berhasil meraih prestasi dengan berkesempatan mengikuti Studi Exchange (Pertukaran Pelajar) ke Jepang tahun ini. Mereka mengikuti program Asia Kakehashi Project yang diselengarakan oleh Bina Antarbudaya. Ketiga orang tersebut ialah Muhammad Dion Karnegi (XI MIPA 2), Muhammad Zikril Hakim (XI IIS 2), dan Farhan Azzura (XI MIPA 1).

Kepala MAN IC Batam Rudianto menjelaskan bahwa Bina Antarbudaya adalah organisasi nirlaba mitra AFS Intercultural Programs, yang bertanggungjawab dalam melaksanakan program-program pertukaran pelajar seperti AFS (American Field Service) dan YES (Youth Exchange Studi). Setiap tahunnya Bina Antarbudaya berusaha mengirimkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia.

“Tahun ini ada 26 (dua puluh enam) siswa terbaik untuk dikirimkan ke Jepang. Setelah melewati serangkaian proses seleksi yang cukup panjang dan ketat, ketiga siswa MAN IC tersebut akhirnya berkesempatan untuk belajar di Negeri Sakura, Jepang selama tahun 2020,” ucapnya di Batam, Kepulauan Riau, pada Selasa (25/2).

Rudianto mengaku senang dan bangga atas prestasi yang ditorehkan siswanya tersebut. “Senang dan bangga tentunya, dan semoga mereka bisa menjalankan tugas dan program tersebut dengan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Baca: Menag Dorong Kampus Swasta Perkuat Moderasi Beragama

“Rencananya, ketiga siswa bersama 23 peserta lainnya akan berangkat ke Jepang pada 31 Maret 2020 dan akan kembali ke Indonesia pada Februari 2021. Selama di sana, peserta pertukaran pelajar akan mengikuti serangkaian agenda yang telah disiapkan,” tambahnya. (aw/ nusakini/kemenag).

 

DISKUSI:
SHARE THIS: