Quraish Shihab: Hindari Api Jika Tidak Mampu Memadamkan

0
152

Sumber: viva.co.id

Jakarta, Liputanislam.com– Cendekiawan Muslim Indonesia sekaligus Penulis Kitab Tafsir Al-Mishbah, M. Quraish Shihab mengatakan bahwa jangan suka bermain api jika tidak mampu memadamkannya. Api itu diibaratkan sebagai kekacauan, dan sifat api itu adalah membakar dan membinasakan tanpa memilih siapa korbannya.

“Untuk itu Allah mengingatkan hindarilah kekacauan yang akibatnya tidak hanya pada pendurhaka,” ucapnya pada acara Mutiara Hati di salah satu televisi swasta, seperti dilansir liputan6.com Jakarta pada Kamis (30/4).

Quraish mengingatkan agar semua orang menghindari bermain api jika tidak mau ikut terbakar. Itu berarti menghindari menyulut kekacauan jika tidak mau terkena dampaknya. Sebab, jika terjadi kekacauan, maka yang merasakan dampaknya tidak hanya sang penyulut, tetapi orang lain yang mungkin tidak tahu apa-apa.

Baca: Menteri PUPR Serahkan 56.125 Bansos Pandemi COVID-19

Bahkan menurut Quraish Shihab, Nabi Saw telah memberikan pesan bahwa sikap diam lebih baik jika perbuatan yang akan kita lakukan justru akan menimbulkan api kekacauan. “Nabi berpesan akan terjadi kekacauan. Yang berbaring menghadapinya lebih baik daripada yang duduk. Yang duduk lebih baik dari pada yang berjalan.” Ujarnya.

“Dan yang berjalan lebih baik dari pada penyulutnya. Karena itu kita harus hindari kekacauan,” tambahnya. (aw/liputan6).

DISKUSI:
SHARE THIS: