Produksi APD, Presiden: Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

0
239

Sumber: detak.co

Jakarta, Liputanislam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mendukung penuh peningkatan produksi berbagai peralatan medis penanganan covid-19. Presiden mengingatkan pelaku industri agar memprioritaskan pemenuhan kebutuhan dalam negeri dibanding ekspor.

“Diatur betul manajemennya berkaitan dengan ekspor dan kebutuhan dalam negeri,” ucapnya pada pembukaan Rapat Terbatas (Ratas) di Jakarta pada Rabu (15/4).

“Jangan sampai semuanya diekspor kita malah nggak dapat. Diatur manajemennya sebaik-baiknya. Baik itu APD, masker, kita bisa produksi banyak, agar ini diatur,” ujarnya.

Menurut Presiden, Indonesia memiliki kemampuan produksi yang cukup besar. Tetapi walau begitu tetap bahwa kebutuhan dalam negeri adalah prioritas. Bahkan demi menggenjot kapasitas produksi alat kesehatan di dalam negeri, Presiden Jokowi meminta kementerian untuk tidak menghambat perizinan.

“Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan instansi lain terkait agar mempermudah izin produksi dan distribusi alat kesehatan untuk penanganan Covid-19,” katanya.

Baca: Juara Asia, Rupiah Menguat 70 Poin Terhadap Dolar AS

“Jangan sampai ada yang menghambat proses perizinannya, baik urusan  APD yang masih butuh standar ini. Kewajiban kita untuk memperbaiki agar standar ini terpenuhi, tapi jangan dipersulit,” tambah Presiden. (aw/republika/CNN).

DISKUSI:
SHARE THIS: