Prestasi! Siswa MAN 2 Samarinda Masuk Finalis ASEAN Youth Speech Contest

0
554

Sumber: Media Indonesia

Samarinda, Liputanislam.com—Pelajar Indonesia khususnya dari kalangan madrasah kembali menorehkan prestasi di tingkat regional. Kali ini siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda bernama Habibie Fauzan Hendriansyah berhasil menjadi salah satu dari 10 finalis ajang ASEAN Youth Speech Contest tahun 2021.

Untuk tahun ini, ajang pidato pemuda Asia Tenggara ini mengangkat tema “From Recovery to Resilience of ASEAN,” dan dilaksanakan secara virtual karena masih masa pandemi. Tema ini sengaja dipilih dengan harapan masyarakat ASEAN mampu bangkit dari keterpurukan karena pandemi.

Terkait ajang ini, Habibie menjelaskan bahwa pada tahap pertama setiap peserta harus memilih subtema yang ditentukan panitia, kemudian membuat video berdurasi tiga menit dan mengirimkannya pada panitia. “Dalam video tersebut peserta tidak diperkenankan untuk membaca naskah dan tidak boleh dilakukan pengeditan,” ujarnya di Samarinda, Kalimantan Timur pada Jumat (6/8).

Di final, nantinya peserta diminta mengirim video pidato berdurasi lima menit untuk para panel juri. Pengiriman video dilakukan pada 4 Agustus 2021.  Video tersebut ditayangkan secara langsung melalui fanpage Facebook C ASEAN pada 5 Agustus 2021, pukul 13:00  — 15.00 (GMT +7).

“Alhamdulillah, sangat memuaskan mengikuti lomba ini. Walaupun tidak dilaksanakan secara ofline, tetapi suasana lomba tingkat ASEAN nya itu terasa. Seperti ketegangan ketika saat mengikuti lomba tersebut,” cerita Habibie.

Baca: Iran Tegaskan Tak Ragu Bela Hak Kedaulatannya di Teluk Persia

“Pesertanya juga kompetitif. Bahasa Inggris mereka hebat-hebat. Sebagai juri, mereka adalah orang-orang yang berkompeten. Melalui event ini saya juga mendapatkan teman dari berbagai negara,” tambahnya. (ar/Kemenag).

 

 

DISKUSI: