Pesantren Al-Ittifaq Dorong Pemerintah Perkuat Sektor Pangan

0
431

Sumber: republika.co.id

Bandung, Liputanislam.com– Ketua Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq Bandung, A Setia Irawan mendorong pemerintah pusat dan daerah agar menyiapkan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan dampak yang ditimbulkan adanya wabah virus corona (Covid-19). Menurutnya, seharusnya ada solusi jangka panjang yang disiapkan, termasuk dalam hal memperkuat sektor pangan.

“Kekhawatiran selanjutnya ialah apa yang akan terjadi enam bulan ke depan atau setahun ke depan terkait Covid-19 ini,” ucapnya di Bandung, Jawa Barat pada Jumat (17/4).

“Kami berpikir pemerintah harus menguatkan sektor pangan berdasarkan kebutuhan masyarakat, jangan menanam yang tidak dibutuhkan masyarakat. Harus ada arah kebijakan yang tepat dari pemerintah,” tambahnya.

Irawan mengaku, pihaknya khawatir jika wabah Covid-19 berlangsung lama dan stok pangan tidak mencukupi maka akan terjadi kekacauan di masyarakat. Dirinya juga menyayangkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku bisnis pertanian atau agronisnis tidak bisa dicairkan oleh bank. “Kami itu bukan minta modal tapi meminjam modal lewat KUR. Kalaupun itu diberikan akan kami kembalikan,” ujarnya.

Baca: Kementerian Koperasi Catat 3.7000 UMKM Terdampak Virus Korona

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa koperasi yang dipimpinannya itu saat ini menjual berbagai produk pesantrennya secara online. “Pemesanan online mulai kita layani sejak 27 Maret 2020. Jadi warga bisa pesan secara online melalui Google Form dan nantinya kami mulai mendistribusikan langsung ke masyarakat lewat ojek online. Kalau pesan sebelum pukul 14.00 pesanan akan kami kirim besoknya, kalau lewat dari itu, dikirim lusa,” terangnya. (aw/republika).

 

DISKUSI: