Kementerian Koperasi Catat 3.7000 UMKM Terdampak Virus Korona

0
467

Sumber: kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Koperasi dan UKM mencatat sebanyak 3.7000 pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Fiki Satari mengatakan, data tersebut diperoleh dari laporan pelaku UMKM melalui berbagai sumber, seperti hotline call center Kemenkop dan UKM, dinas terkait di daerah, serta asosiasi pendamping UMKM.

“Data yang masuk ini secara umum ya 87 persen yang terdampak merupakan usaha level mikro, dikaitkan dengan skema program yang didesain 54,2 persen belum miliki tabungan usaha,” ujarnya, Kamis (16/4).

Baca: Dampak Corona, Peternak Ayam Terancam Gulung Tikar

Fiki menyampaikan, data yang dihimpun belum semuanya diolah oleh pemerintah karena masih perlu disesuaikan dengan data internal di Online Data System Kemenkop UKM. Selain itu, pemerintah perlu mendalami permasalahan apa saja yang tengah dihadapi sektor UMKM nasional di lapangan.

Dari laporan yang diperoleh, sebanyak 56 persen UMKM melapor karena terjadi penurunan penjualan, 22 persen mengaku kesulitan permodalan, 15 persen melapor terjadi distribusi yang terhambat, dan 4 persen melapor karena kesulitan bahan baku.

Dia menuturkan, pemerintah saat ini sedang mengagregasi berbagai data tersebut untuk dijadikan acuan perumusan kebijakan.

“Penting data-data ini diagregasi untuk bagaimana kami mendesain program sampai dengan memastikan pelaku kperasi dan UKM yang terdampak dapat menerima program secara cepat dan tepat,”.

Dia mengungkapkan, Presiden pun telah berkomitmen untuk memprioritaskan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (sh/kompas/inews)

DISKUSI: