Perum Bulog Pastikan Persediaan Beras Aman

0
157

Sumber: investor.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) mengatakan akan terus menjaga pasokan beras agar tidak tejadi gejolak harga di pasaran.

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaluddin Iqbal mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan operasi pasar untuk mengecek ketersediaan pasokan dan melakukan stabilisasi harga.

Dia menuturkan, stok beras Bulog saat ini mencapai 1,5 juta ton. Dengan jumlah stok tersebut, harga beras dipastikan cukup terjaga. Berdasarkan operasi pasar, Saat ini harga beras rata-rata di kisaran Rp 10.100 hingga Rp 11.900 per kilogram (kg).

Baca: BPS Catat Produksi Beras 2019 Turun 2,63 Juta Ton

“Harga tersebut rata-rata nasional,” ucapnya, Minggu (16/2).

Dia menyampaikan, pihaknya telah melakukan operasi pasar beras di seluruh wilayah di Indonesia. Dia berharap, dengan adanya operasi pasar ini, harga beras bisa stabil.

Sebelumnya, peneliti Center for Indonesia Policy Studies (CIPS) Galuh Octania mengatakan, pemerintah perlu membenahi manajemen stok beras untuk mencegah stok beras terbuang sia-sia. Sebab, pada akhir tahun 2019, sekitar 20 ribu ton stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) terancam busuk.

Dia menilai, pemerintah perlu membenahi neraca beras secara nasional, baik dari sisi produksi dan stok maupun neraca dari sisi konsumsi dan distribusi. Sebab, masih ada gap antara data produksi dan konsumsi.

Untuk itu, kata dia, pemerintah harus berhati-hati dalam mengintervensi kebijakan karena akan mempengaruhi harga beras di pasar. (sh/republika/suaramerdeka)

 

 

DISKUSI: