Pertemuan Menag Dengan Satgas DPR Bahas Kesiapan New Normal

0
69

Sumber: detik.com

Jakarta, Liputanislam.com– Menteri Agama (Menag), Fahcrul Razi menggelar pertemuan dengan Satgas Lawan Covid-19 DPR RI membahas kesiapan Indonesia menerapkan New Normal terhadap wabah covid-19. Menurut Menag, ada lima langkah cepat yang telah dilakukan Kemenag dalam menghadapi wabah, khususnya pada pembangunan bidang agama dan pendidikan.

“Langkah itu yakni: Pembentukan Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19, Pembangunan WA Center Kemenag Sigap Covid-19, Pencegahan Covid-19 di lingkungan Kemenag, Peminjaman gedung Asrama Haji Pondok Gede sebagai tempat isolasi sementara ODP dan PDP,” ucapnya pada Kamis (28/5).

“Kelima penyedian dan pedistribusian obat-obatan ke RS Haji. Begitu juga dengan Penggunaan Dana Refocussing, Pelaksanaan WFH dan WFO, Pelaksanaan seleksi JPT dan JP Madya sesuai protokol, Sinergitas Program Pusat & Kanwil, Standar Biaya Pelaksanaan Anggaran dan Implementasi Protokol Kesehatan,” tambahnya.

Menag mengaku bahwa pihaknya juga saat ini mendalami dan mencari solusi terbaik untuk mengaktifkan kembali keberadaan pondok pesantren. “Secara bertahap memang dimungkinkan untuk membuka kembali pesantren. Namun ini perlu kehati-hatian jangan sampai banyak santri di pesantren terjangkit Covid-19 usai dibuka kembali. Dan ini sangat ditekankan oleh Presiden Joko Widodo. Untuk madrasah dan PTKI sesuai dengan kebijakan Kemendikbud,” katanya.

“Untuk rumah ibadah kami masih terus berkoordinasi. Ada usulan agar rumah ibadah di fungsikan kembali dalam rangka menyambut new normal. Dan usulan tersebut disarankan atau kebijakannya diserahkan kepada kepala daerah mulai dari gubernur, bupati, walikota hingga pihak kecamatan,” tandas Menag.

Baca: Indonesia Akan Terapkan New Normal, Menperin: Tidak Semua Industri Bisa Cepat Beradaptasi

Sementara Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kunjungan Satgas Lawan Covid-19 DPR RI ke Kemenag sebagai bentuk dukungan dalam kesiapan menerapkan New Normal. “Kunjungan kami ini dalam rangka mendukung program dan kesiapan pemerintah menghadapi New Normal di Perkantoran dan Lembaga Pemerintah sekaligus memastikan kesiapan tersebut,” ucapnya.

“Kami berharap hal ini dipersiapan secara maksimal dan sesempurna mungkin,” lanjutnya. (aw/kemenag/detik).

DISKUSI: