Perbaiki Harga, 12 Importir Teken Perjanjian Beli Gula Petani

0
103

Sumber: bimata.id

LiputanIslam.com— Sebanyak 12 perusahaan importir gula meneken perjanjian untuk membeli gula Kristal putih (GKP) petani di harga Rp 11.200 per kilogram (kg). Perjanjian ini dilakukan untuk menyelamatkan harga gula di tingkat petani.

Sekjen Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) M Nur Khabsyin mengatakan, perjanjian tersebut telah ditandatangani di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian.

“Semalam pukul 21.30 WIB telah ditandatangani kesepakatan pembelian gula petani oleh importir gula di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian. Kesepakatan kedua belah pihak antara APTRI yang mewakili petani tebu dan pihak importir gula,” kata dia, Sabtu (11/7).

Read: Mendag: Harga Gula Mulai Stabil

Berdasarkan perjanjian tersebut, 12 perusahaan importir gula akan membeli seluruh gula petani musim giling tahun 2020 dengan harga Rp 11.200 kg. Adapun 12 perusahaan tersebut antara lain PT Sugar Labinta, PT Dharmapala Usaha Sukses, PT Makassar Tene, PT Berkah Manis Makmur, dan PT Permata Dunia Sukses Utama.

Selanjutnya yaitu PT Sentra Usahatama Jaya, PT Medan Sugar Industry, PT Andalan Furnido, PT Angels Products, PT Kebun Tebu Mas, PT Adikarya Gemilang, dan PT Priscolin.

Nur Khabsin meyakini harga gula di tingkat petani akan terus membaik dengan adanya perjanjian pembelian gula antara importir dan petani.

“Saat ini harga gula petani sudah laku sekitar Rp 10.975 per kg, sebelumnya hanya terjual Rp 10.000 per kg. Kami yakin harga bahkan bisa naik di atas Rp 11.200 per kg,” ujarnya. (sh/republika/detik)

DISKUSI: