Mendag: Harga Gula Mulai Stabil

0
115

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan harga gula di pasaran yang sebelumnya tinggi sudah mulai stabil.

Agus menyampaikan, pemerintah telah melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga gula agar tidak melebihi harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 12.500 per kilogram (kg).

“Operasi pasar hari ketiga setelah lebaran memang melihat aktivitas pasar pada pagi ini sebagian sudah ada yang buka dan operasi pasar setiap hari ke depan untuk mengantisipasi mengenai stabilitas harga gula dan pada hari ini gula dalam operasi pasar dijual dalam Rp 12.500,” ujarnya, Selasa (26/5).

Baca: Ikappi: Harga Gula Saat Ini Tertinggi Sepanjang Sejarah

Dia menuturkan, pihaknya bersama Satgas pangan akan terus memantau pergerakan gula di pasar. Selain itu, pemantauan juga akan dilakukan terhadap jalannya distribusi komoditas tersebut.

“Kita juga akan pantau terus, dan operasi pasar ini salah satu untuk menstabilkan harga di luar itu memang agak sulit. Dengan operasi pasar inilah yang kita lakukan terus-menerus dengan Satgas pangan ini akan dipantau terus dengan direktorat dan bekerjasama dengan Satgas pangan untuk memantau dan menindak tegas distributor-distributor yang nakal,” tuturnya.

Dia menjelaskan, tingginya harga gula disebabkan oleh distribusi terganggu akibat virus corona, mata raintai yang panjang dan jadwal penggilingan yang molor.

Selain itu, harga gula yang mahal juga terjadi karena di tingkat produsen harganya sudah mencapai Rp 11.000 per kg. Harga tersebut sudah terlalu tinggi sehingga membuat gula pasir di tingkat konsumen mahal.

Dia berharap upaya-upaya yang telah dilakukan dapat memberikan hasil yang positif dan menurunkan harga gula di tingkat konsumen. (sh/merdeka/cnnindonesia)

 

DISKUSI: