Pasokan Turun, Harga Gula Pasir Meroket

0
154

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Harga gula pasir di sejumlah pasar tradisional di Jakarta mengalami kenaikan dalam dua pekan terakhir. Saat ini harganya mencapai Rp 18.000 per kilogram (kg) hingga Rp 20.000 per kg.

Riswanto, seorang pedagang bahan kebutuhan pokok di Pasar Jatinegara, mengatakan, kenaikan harga gula pasir mencapai Rp 3.000 per kg.

“Harga gula pasir naik Rp 30.000 per kg sejak dua pekan lalu,” kata dia, Selasa (10/3).

Baca: Awal 2020, Kementan akan Buka Keran Impor Gula

Menurutnya, naiknya harga pasir terjadi karena pemerintah menutup impor gula sehingga pasokan gula di pasaran menurun.

“Dengar-dengar naikya harga disebabkan impor dibatasi, menyebabkan kelangkaan atau kekurangan gula di pasaran,” ujarnya.

Paino, pedagang lainnya, menyampaikan, harga gula pasir dari Rp 14.000 per kg menjadi Rp 18.000 per kg. Dia juga mengkonfirmasi kelangkaan pasokan gula menyebabkan harga gula naik.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto mengungkapkan, pemerintah telah memutuskan untuk melakukan tambahan pasokan untuk komoditas yang jumlahnya kurang untuk memenuhi kebutuhan hingga Juni 2020.

“Seperti daging kerbau 100.000 ton, gula konsumsi, bawang putih, dan beberapa buah-buahan,” kata dia.

Dia menyebut, rata-rata harga nasional barang kebutuhan pokok saat ini secara umum stabil dibandingkan satu bulan yang lalu. Stabilnya harga-harga tersebut berdasarkan pantauan dan laporan dinas daerah di 34 provinsi.

“Pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat cukup aman,” ucapnya. (sh/tempo/cnbcindonesia)

 

DISKUSI: