Awal 2020, Kementan akan Buka Keran Impor Gula

0
131

Sumber: industry.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) berencana akan membuka keran impor gula pada awal 2020. Sebab, produksi gula saat ini masih belum mampu untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan kebutuhan konsumsi gula masyarakat sangat tinggi. Sedangkan Indonesia belum bisa memproduksi gula secara melimpah.

Baca: Jokowi Janjika Stop Impor Gula

“Kita punya kemampuan menyiapkan gula dan kebutuhan memang masih sangat jauh. Makanya itu harus bisa diasumsikan walaupun sampai Maret 2020 masih cukup,” kata Syahrul, Rabu (18/12).

Dia menyampaikan, impor gula tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, tetapi juga kebutuhan industri.

“Kebutuhan industri itu yang harus diantisipasi. Konsumsi juga harus diantisipasi. Oleh karena itu keran itu dibuka,” ujarnya.

Pada tahun ini, alokasi impor gula yang diberikan pemerintah mencapai 2,8 juta ton dari total kebutuhan industri domestik sebesar 3,7 juta ton. Sedangkan sisanya dipasok dari perusahaan gula dalam negeri dan sisa stok tahun lalu.

Sebelumnya, dia memastikan stok bahan pangan menjelang Natal dan Tahun baru aman terkendali. Akan tetapi, ada beberapa komoditas yang perlu diwaspadai, salah satunya adalah gula.

“Dan secara umum semua baik dari Kemendag, Kemenperin, KKP, Kementa, Bulog juga mengatakan bahwa Insya Allah semua dalam kendali dan cukup aman,” ucapnya. (sh/liputan6/cnbcnindonesia/merdeka)

DISKUSI: