Pakar Tafsir Ungkap Keistimewaan Makan Sahur

0
251

Sumber: islamramah.co

Jakarta, Liputanislam.com– Pakar Tafsir Indonesia sekaligus Penulis Kitab Tafsir Al-Mishbah, M. Quraish Shihab mengungkapkan akan keistimewaan dan pentingnya makan sahur dalam puasa, terlebih saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Berawal dari pertanyaan Najwa Shihab pada program Shihab & Shihab yang menanyakan apa pentingnya sahur dalam ibadah puasa.

“Banyak teman-teman Nana (sapaan Najwa) yang terkadang enggak sahur. Merasa ‘Kuat kok, bisa sampai buka, enggak perlu sahur’. Sebetulnya adakah keistimewaan atau adakah sesuatu yang terkait dengan sahur, yang belum banyak diketahui orang,” tanya Najwa, seperti dilansir tribunnews.com pada Kamis (30/4).

Mendengar pertanyaan itu, Quraish Shihab menjelaskan pentingnya sahur dalam ibadah puasa. “Pertama, sahur itu anjuran, anjuran Nabi Saw. Bahkan ada di hadis, Allah beserta malaikatnya berselawat, yakni melimpahkan rahmat dan mendoakan orang-orang yang sahur,” ungkapnya.

“Nabi juga berpesan bahwa ‘Bersahurlah walau hanya sebiji kurma atau seteguk susu,” tambah Quraish.

Baca: Quraish Shihab: Hindari Api Jika Tidak Mampu Memadamkan

Bahkan menurutnya, sahur itu bukan hanya terkait untuk makan dan minum, tetapi juga bisa menjadi upaya kita membiasakan diri bangun malam dan ibadah malam. “Bukan hanya bagi yang makan lumayan (porsinya), bukan hanya untuk memberinya kekuatan berpuasa, tapi membiasakan diri bangun malam,” ungkapnya. (aw/tribunnews).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISKUSI: