Pada NU dan Muhammadiyah, Menlu: Kita Konsisten Dukung Palestina

0
77

Sumber: jawapos.com

Jakarta, Liputanislam.com– Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi secara terpisah menggelar pertemuan dengan pengurus dua ormas terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Kepada kiai NU, Menlu mengatakan bahwa Indonesia konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Meskipun, perjuangan bangsa Palestina tidak mudah dalam melawan bangsa Israel.

“Indonesia terus konsisten untuk menyatakan mendukung perjuangan bangsa Palestina. Kalau dilihat dari jejak perjuangan kita terus konsisten pada titik ini. Jalan pasti terjal tapi saya kira kalau kita bicara masalah keadilan prinsip-prinsip itu harus terus disuarakan,” ucapnya di Kantor PBNU, Jakarta pada Selasa (11/2).

Menurut Menlu, perjuangan bangsa Indonesia terkait Palestina tidak bisa hanya dilakukan pemerintah saja. Namun segenap bangsa Indonesia harus bersatu dalam rangka membantu bangsa Palestina, sehingga bisa meraih hasil yang maksimal.

“Kita akan konsisten berjuang bersama Palestina dan PBNU terus bersama-sama dengan kita untuk berjuang bersama Palestina. Perjuangan ini perlu kesatuan di antara kita untuk mendukung perjuanga Palestina,” katanya.

Di tempat yang sama Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj juga mengaku mendukung penuh pemerintah Indonesia dalam membela hak  bangsa Palestina. “PBNU mengapresiasi setinggi-tingginya ke Bu Retno yang tidak pernah behenti membela hak warga Palestina. Ini amanat negara bahwa hak warga Palestina harus diperjuangkan,” ungkapnya.

Baca: Indonesia Prakarsai Pertemuan DK PBB Bahas Keadaan Palestina

Sementara pada hari ini, Menlu Retno juga melakukan pertemuan dengan pengurus Muhammadiyah. “Saya menjelaskan mengenai perkembangan Palestina, konsistensi diplomasi Indonesia dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina,” ujarnya di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta pada Rabu (12/2).

“Indonesia dan Tunisia memang menjadi pengusung pertemuan Palestina dengan DK-PBB. Harapannya pertemuan itu memberikan hasil yang positif. “Kita terus berjuang, dan Indonesia tentunya harus didukung negara-negara lain, termasuk negara-negara Arab,” tandasnya. (aw/republika).

 

DISKUSI: