MUI Sebut Masjid Dapat Jadi Posko Bantuan Covid-19

0
359

Sumber: bontangpost.id

Jakarta, Liputanislam.com– Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Abbas mengatakan bahwa masjid dapat dijadikan sebagai pos komando (posko) bantuan dalam penanganan melawan wabah virus corona (covid-19). Menurutnya, posko bantuan terutama terkait penyediaan makanan atau kebutuhan pokok sangat penting adanya bagi masyarakat kalangan menengah kebawah yang terkena dampak wabah.

“Masjid itu bentuknya bisa bermacam-macam. Tetapi umumnya setiap masjid ada halamannya, ada selasarnya dan ruangan untuk tempat ibadah. Saya rasa halaman dan selasar masjid tersebut bisa dimanfaatkan untuk posko bantuan,” ucapnya di Jakarta, pada Senin (30/3).

Anwar menyebutkan, Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat dan Masjid Agung Al Azhar di Jakarta Selatan dinilai bisa dijadikan posko bantuan lantaran halaman dan ruangan bawahnya yang luas. Namun begitu, terlebih dahulu tetap harus dilakukan pemetaan agar proses penyalurannya berjalan baik dan terarah.

Posko bantuan jelas dibutuhkan ketika wabah semakin merebak, terlebih kalau ingin melaksanakan karantina wilayah. Karena itu, semua masyarakat untuk saling bahu membahu memberikan bantuan kepada yang kekurangan. Karantina wilayah pasti akan sangat berdampak bagi masyarakat miskin.

“Jadi masing-masing RT membangun kebersamaan dan jaringan sehingga diharapkan kekurangan dari bantuan BLT yang diberikan pemerintah bisa ditutup oleh masyarakat yg ada di lingkungan RT dan atau RW dan atau kelurahan dan desa tersebut,” terangnya.

Baca: FKUB DKI: Selamatkan Diri dari Corona Adalah Bantuk Keimanan

“Dalam situasi seperti ini, rasa nasionalisme dan kebersamaan kita benar-benar diuji,” tambah Anwar. (aw/republika/detik).

DISKUSI: