FKUB DKI: Selamatkan Diri dari Corona Adalah Bantuk Keimanan

0
237

Sumber: Tribunnews.com

Jakarta, Liputanislam.com– Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta mengeluarkan surat imbauan yang ditujukan kepada seluruh masyarakat dalam upaya bersama menghadapi wabah virus corona (covid-19). Salah satu isi surat yang ditandatangani Ketua FKUB Provinsi DKI Jakarta, Prof KH Dede Rosyada dan Sekretaris Abi Ichwanuddin pada Senin (30/1) itu disebutkan bahwa usaha menyelamatkan diri dari virus merupakan bentuk keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Isi lengkap surat imbauan FKUB DKI Jakarta tersebut sebagai berikut:

Pertama, memberikan edukasi secara terus menerus kepada seluruh umat dari latar belakang agama apapun, melalui para pimpinan majelis-majelis agama bahwa virus corona merupakan ancaman terhadap keselamatan jiwa, dan segala upaya untuk mencegah, menghindari, dan memeranginya merupakan anjuran semua agama kepada semua pemeluknya. Menyelamatkan diri dari wabah Corona adalah sebagai salah satu bentuk keimanan pada Tuhan.

Kedua, membangun kesatuan gerak, langkah, dan sinergi dengan semua pihak yang memiliki otoritas penanganan wabah virus COVID-19 ini.  Penanganan wabah bersifat sistemik dimana kita semua menjadi bagian dari sistem perlawanan yang menentukan. Karenanya, semua pihak harus mematuhi himbauan social distancing dan physical distancing (jaga jarak).

Ketiga, memberikan dukungan optimal kepada para tenaga medis yang menjadi garda terdepan melawan Corona. Sebab itu kita harus membantu mereka bekerja maksimal dengan menahan diri tetap tinggal dirumah, berperilaku hidup sehat, dan mematuhi seluruh protokol pencegahan dan penanganan Covid-19.

Keempat, mendorong pemerintah untuk mampu menjaga stabilitas harga bahan pokok dan memastikan ketersediaan suplai bagi warga yang tempat tinggalnya terisolasi (zona merah) untuk mengantisipasi dampak penerapan local lock down, menumbuhkan rasa empati dan kepedulian, memberikan bantuan kepada yang membutuhkan tanpa memandang suku, agama, ras, dan antargolongan.

Baca: PB IDI Minta Seluruh Dokter di Indonesia Bergabung Tangani Pasien COVID-19

“Dan terus berdoa agar Tuhan Yang Mahakuasa menolong kita semua agar diselamatkan dari wabah ini,” tulis isi surat tersebut. (aw/republika).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS: