Minggu Pertama Ramadan, Harga Bawang Merah Meroket

0
326

Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menginjak satu minggu pertama bulan puasa, harga bawang merah mengalami kenaikan yang signifikan. Harga bawang merah rata-rata nasional sudah tembus Rp 45.500 per kilogram (kg).

Di Papua, harga bawang merah sudah di angka Rp 80.850 per kg. Sementara di DKI Jakarta, Maluku Utara Kepulauan Bangka Belitung, Papua Barat, Aceh, dan Sumatera Utara harga bawang merah mencapai Rp 50.350-57.500 per kg.

Kementerian Pertanian (Kementan) telah memastikan pasokan bawang merah masih aman hingga setelah Idul Fitri nanti. Berdasarkan Sistem Peringatan Dini (EWS) Kementan, kebutuhan bawang merah nasional mencapai 113 ribu ton per bulan.

Baca: Virus Corona Merebak, Harga Bawang Putih Meroket

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto mengungkapkan, produksi bawang merah di daerah sentra produksi, seperti Brebes mengalami penurunan sebesar 10 persen.

“Berdasarkan informasi dari Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), produksi bawang merah di Brebes sebagai sentra produksi bawang merah terbesar saat ini diperkirakan turun 10 persen,” kata Suhanto, Senin (27/4).

Dia menyampaikan, penurunan produksi tersebut terjadi karena hasil tanam yang kurang bagus. Kemudian, stok dari panen sebelumnya sedikit karena banyak yang mengalami kerusakan.

Selain itu, harga bibit bawang merah juga mengalami kenaikan hingga 125 persen dari Rp 20.000 per kg menjadi Rp 40.000-50.000 per kg. Hal ini menyebabkan luas tanam juga turun 20-30 persen.

“Karena yang bisa tanam hanya petani bermodal besar. Menurut Ditjen Hortikultura Kementan, kenaikan harga bibit dan serangan hama (OPT) cenderung lebih tinggi pada musim hujan yang tentunya berimbas juga pada harga di tingkat konsumen,” ujarnya. (sh/cnbcindonesia/detik)

 

 

DISKUSI: