Menlu Retno Sebut 3 Peran NU ini Bantu Pemerintah Hadapi Covid-19

0
204

Jakarta, Liputanislam.com– Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno LP Marsudi mengatakan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) telah berperan dan memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menghadapi wabah covid-19. Menurutnya, pertama ialah peran NU dalam mengedukasi masyarakat dalam menyikapi wabah.

“Tiingginya tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia kepada NU dan jaringan NU yang sangat luas dapat menjangkau akar rumput baik di dalam maupun di luar negeri, adalah aset yang sangat luar biasa,” ucapnya saat menggelar silaturahmi bersama (PCINU) Sedunia secara online di Jakarta pada Selasa (19/5).

“Faktor penting yang bisa menghambat penyebaran Covid-19 adalah pemahaman masyarakat akan tindakan pencegahan dan mitigasi. NU terutama PCINU di seluruh dunia dapat berperan sentral dalam menjembatani proses edukasi kepada publik,” tambahnya.

Peran kedua, NU membantu memberikan tuntunan mental dan spiritual bagi masyarakat. Dalam situasi jumlah kasus dan kesulitan ekonomi, masyarakat dihadapkan pada kekhawatiran dan ketidaktenangan. Karena itu, peran para tokoh, ulama dan kiai NU sangat diperlukan dalam memberikan dukungan spiritual masyarakat.

“Hidup dengan normal baru memerlukan kesiapan dan ketenangan psikologis. Ketenangan dalam menghadapi pandemi ini diharapkan bisa memperkuat sistem imunitas diri terhadap virus,” ujarnya.

Baca: Menlu: Peran dan Dukungan NU Sangat Penting Bagi Pemerintah

Ketiga, NU dapat membantu memupuk dan memperkuat rasa persatuan yang sangat dibutuhkan saat ini. “Kita harus tutup potensi perpecahan dalam masyarakat, baik perpecahan politik maupun sosial, termasuk bagi masyarakat Indonesia di luar negeri. Di sinilah teman-teman PCINU memiliki peran penting sebagai perekat anak bangsa Indonesia di seluruh penjuru dunia,” imbuhnya. (aw/republika/antaranews).

DISKUSI: