Menko Luhut Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II di Bawah 2,97 Persen

0
119

Sumber: sindonews.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 di bawah 2,97 persen.

“Pada Q1 memang kita plus 2,97 persen. Itu tergolong baik dibandingkan negara lain yang mengalami kontraksi. Tapi kita lihat Q2 mungkin lebih bawah lagi tumbuhnya,” kata dia, Jumat (6/5).

Luhut menilai, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerintah harus mendorong tujuh sektor industri unggulan yang ditargetkan akan memberikan sumbangsih sampai 69 persen terhadap ekonomi dalam negeri.

Baca: Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2020 Bakal Terkoreksi Dalam

Dia menyebutkan, ketujuh sektor tersebut adalah industri pengolahan, industri perdagangan besar maupun eceran, industri reparasi mobil atau motor, industri pertanian, jasa konstruksi, industri pertambangan, dan inudstri transportasi.

Sementara itu, Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, ekonomi Indonesia pada kuartal II akan turun sangat tajam. Hal ini disebabkan berbagai sektor perekonomian pada kuartal sebelumnya mengalami penurunan.

“Terjadi penurunan, terutama dari sektor konsumsi. Di kuartal II akan turun sangat tajam sekali. Ini yang harus kita antisipasi bersama-sama sehingga nanti untuk mengcoverage dalam satu tahun, kita harus memperbaiki perekonomian di kuartal III dan IV,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah perlu pemikiran baru bagaimana memulai kembali untuk membuka aktivitas ekonomi di beberapa sektor. Sebab, penurunan di sektor-sektor tersebut berdampak pada banyaknya angka pengangguran dan kemiskinan. (sh/cnbcindonesia/liputan6)

DISKUSI: