Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2020 Bakal Terkoreksi Dalam

0
31

Sumber: inews.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memprediksi Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 akan terkoreksi dalam.

Suahasil mengatakan, pihaknya akan terus memantau kondisi perekonomian yang saat ini mengalami tekanan akibat pandemi virus corona (Covid-19).

“Kita sih terus mengamati perkembangan perekonomian. Kalo kita lihat sekarang ada tekanan cukup dalam. Karena itu kita sangat conscious memastikan bahwa kita mengamati perekonomian hati-hati,” kata Suahasil, Rabu (20/5).

Baca: BPS: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I 2020 Terendah Sejak 2001

Dia menyampaikan, proses perbaikan ekonomi harus lebih digalakan kembali. Data-data yang dilihat harus menyeluruh.

“Dalam proses perbaikan melihat kondisi ekonomi mungkin bukan hanya dari data standar seperti yang selama ini, tapi dilihat berdasarkan listrik di daerah, kita sedang bangun ini di BKF,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Mirza Adityaswara memproyeksikan, ekonomi pada kuartal II bakal tumbuh negatif.

Menurutnya, kegiatan perekoniman pada kuartal II di berbagai daerah menjadi sangat terbatas karena adanya pemberlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) untuk mengatasi penyebaran virus corona.

“Kalau kita lihat begitu, pada kuartal II ini bisa negative, karena kuartal II itu bisa dibilang tidak ada aktivitas. Sedikit sekali aktivitas sektor riil karena ada PSBB di berbagai kota, termasuk di Jakarta,” tuturnya. (sh/kumparan/merdeka)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS: