Memasuki Fase New Normal, Aktivitas Perdagangan Mulai Dibuka Secara Bertahap

0
54

Sumber: tempo.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal, Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah siap membuka aktivitas perdagangan pada Juni 2020.

“Penerapan pembukaan aktivitas perdagangan khususnya di tempat-tempat usaha yang menggerakan roda perekonomian bangsa ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pengawasan serta evaluasi secara menyeluruh,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Sabtu (30/5).

Agus mengatakan, saat ini daerah yang sudah siap dibuka adalah Semarang, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Barat yang berada di sekitar Jakarta dengan kontribusi ekonomi yang signifikan.

Baca: Indonesia Menuju New Normal, Ini Daerah yang Sudah Siap

“Hal itu berdasarkan hasil Analisis Trend (KSP) dan analisis per kelurahan yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat,” ujarnya.

Adapun jenis aktivitas perdagangan yang akan dibuka dalam new normal adalah pasar rakyat, toko swalayan (minimarket, supermarket, hypermarket, department store), restoran atau rumah makan, kafe, toko obat farmasi dan alat kesehatan, mall atau pusat perbelanjaan dan tempat hiburan atau pariwisata.

Dalam hal ini, Kemendag telah menerbitkan ketentuan mengenai standar operasional pada masa kenormalan baru. hal ini tertuang dalam Suar Edaran (SE) No.12/2020 tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan Yang Dilakukan Pada Masa Pandemic Corona Virus Disease (Covid-19 dan New Normal.

“Pembukaan aktivitas perdagangan itu disesuaikan dengan fasenya. Pade fase tertentu misalnya pusat perbelanjaan baru bisa dibuka, dengan jam operasional dan jumlah pengunjung yang dibatasi secara bergilir setiap tiga jam,” kata dia. (sh/market.bisnis/cnbcindonesia)

 

 

DISKUSI: