Ma’ruf Amin: Indonesia Harus Jadi Eksportir Produk Halal Terbesar di Dunia

0
105

Sumber: ekonomi.bisnis.com

LiputanIslam.com— Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia harus terus berupaya untuk menjadi negara eksportir produk halal terbesar di Dunia.

“Kita perlu bersungguh-sungguh untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen dan eksportir produk halal terbesar di Dunia,” ujar Ma’ruf, Sabtu (14/11).

Dia menyampaikan, potensi pasar halal dunia sangat besar. Hal itu terlihat dari data the State of Global Islamic Economy report 2019/2020 yang menunjukkan bahwa konsumsi pasar industri halal mencapai 2,2 triliun dolar AS pada 2018 dan diperkirakan akan naik jadi 3,2 triliun dolar AS pada 2024.

Baca: Ma’ruf Amin: Ekspor Produk Halal RI Hanya 3,8 Persen

Menurutnya, Indonesia harus bisa memanfaatkan potensi besar ini karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

“Kita harus dapat memanfaatkan potensi pasar halal dunia ini dengan meningkatkan ekspor kita yang saat ini baru berkisar 3,8 persen dari total pasar halal dunia,” kata dia.

Dia menuturkan, Indonesia harus segera membuat langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah dengan mendorong pengembangan riset industri produk halal Indonesia.

“Salah satu langkah strategis tersebut adalah memperkuat riset bahan dan material halal untuk industri serta melaksanakan substitusi atas bahan non-halal material industri impor dengan bahan material halal industri dari dalam negeri. Tanpa riset yang kuat, kita sulit untuk bersaing, apalagi mampu menguasai pasar halal dunia,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, Indonesia juga harus menggali potensi sumber daya alam (SDA) yang ada melalui penelitian-penelitian saintifik agar bahan substitusi untuk industri halal dapat dihasilkan.

“Oleh karena itu, saya sangat mendorong agar penelitian untuk menghasilkan ingredients industri yang halal perlu didukung lebih lanjut,” ujarnya. (sh/antaranews/kompas)

 

DISKUSI: