Maret 2020, Kemendag Impor Gula 260 Ribu Ton

0
158

Sumber: agribisnis.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan impor gula Kristal mentah (GKM) sebanyak 260 ribu ton akan masuk pada Maret 2020.

“Untuk yang baru masuk akhir bulan ini, masuk lagi 260 ribu ton. Jadi pada dasarnya stok ini masih cukup,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Rabu (11/3).

Agus menyampaikan, setelah impor datang GKM akan diolah menjadi gula Kristal putih atau gula pasir yang dikonsumsi masyarakat. Gula pasir ini akan digunakan untuk mengisi pasokan di pasar agar harga gula bisa terkendali.

Baca: Pasokan Turun, Harga Gula Pasir Meroket

Dia menyebutkan, pasokan gula pasir saat ini mencapai 160 ribu ton. Dia mengaku telah meminta importir dan distributor untuk mempercepat distribusi gula ke pasar. Sebab, kenaikan harga gula terjadi karena adanya proses distribusi yang terkendala.

“Kami minta yang pegang itu (gula pasir) untuk dipercepat pengeluarannya. Tidak ada alasan lagi untuk di-hold,” ucapnya.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga gula pasir lokal pada Rabu (11/3) mencapai Rp 17.400 per kilogram (kg). Dalam sepekan, kenaikan harga gula tercatat sebesar 12,2 persen.

Sementara itu, harga gula pasir kualitas premium mencapai Rp 16.400 per kg atau naik 3,1 persen. Harga tersebut jauh di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 12.500 per kg. (sh/cnnindonesia/katadata)

 

 

 

 

 

DISKUSI: