Mahasiswa UMM Ciptakan Alat Pendeteksi Kebakaran Hutan

0
112

Sumber: Duta.co

Malang, Liputanislam.com– Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menciptakan alat pendeteksi kebakaran hutan. Salah satu mahasiswa pencipta, Billy Aprilio menjelaskan bahwa alat tersebut menggunakan teknologi yang bernama Integrated Forest Fire Management System. Suatu alat yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence).

“Cara kerja sistem ini adalah dengan memanfaatkan sensor LM35 dan sensor flame dengan menggunakan artificial intelligence sebagai pemroses data,” ucapnya di Malang, Jawa Timur, pada Jumat (3/1).

Billy mengaku, ide pembuatan Integrated Forest Fire Management System dilatarbelakangi dengan kondisi hutan Indonesia. Luas lahan berhutan di Indonesia mencapai 93,5 juta hektare. Namun sayangnya hutan yang luas itu sering terjadi kebakaran.

“Namun kebakaran hutan, baik yang terjadi karena musim kemarau atau pembukaan lahan ilegal, menjadi masalah yang tak kunjung usai,” ujarnya.

Baca: Kiai Said: Pagar Nusa Semakin Solid Bela Ulama dan Bangsa

Karena itu, dengan adanya alat pendeteksi ini Billy berharap, dapat membantu meminimalisasikan terjadinya kebakaran hutan besar. Ia berharap teknologi ini bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat. (aw/republika/radarmalang).

DISKUSI: