Kiai Said: Pagar Nusa Semakin Solid Bela Ulama dan Bangsa

0
113

Sumber: telusur.co.id

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj mengatakan bahwa saat ini badan pencak silat NU Pagar Nusa semakin solid dalam membela ulama dan bangsa. Senantiasa menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa dengan landasan iman ahlussunnah wal jamaah (Aswaja).

Demikian hal itu disampaikan Kiai Said membuka acara Kejurnas dan Festival III dalam rangka Harlah ke-34 Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, pada Jumat (3/12).

“Alhamdulillah Pagar Nusa sampai hari ini berusia 34 tahun tetap solid, yaitu membela kiai, membela Aswaja dan mempertahankan keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila,” ucapnya.

Ia pun berpesan kepada ratusan pendekar Pagar Nusa yang hadir dalam acara tersebut untuk tetap bangga menjadi seorang santri. Sebab, sejak dulu sampai sekarang santri selalu bisa memberikan pengabdian kepada umat dan bangsa. “Alhamdulillah kita bangga menjadi kaum santri. Jangan dikira santri hanya bisa tahlil, istighosah,” katanya.

Sementara Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Muchamad Nabil Haroen menjelaskan bahwa Kejurnas merupakan salah satu upaya untuk terus mempertahankan dan memajukan Pencak Silat sebagai bela diri khas Indonesia yang telah diakui oleh dunia.

Baca: Qassem Soleimani, Pria yang Menerjemahkan Keberanian

“Inilah upaya NU dalam mempertahankan pencak silat yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya dunia,” tandasnya. (aw/republika/NU).

DISKUSI: