Korban Bertambah, Ketum PBNU Ajak Umat Tingkatkan Keimanan

0
86

Sumber: nu.or.id

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj menanggapi atas semakin bertambahnya korban wabah virus corona (covid-19). Kiai Said mengajak segenap masyarakat Indonesia khususnya warga NU (Nahdliyin) agar meningkatkan keimanan dan berserah diri kepada Allah Swt. Sebab, apapun yang terjadi adalah kehendak-Nya.

“Mari kita tingkatkan iman, tawakal, ridha, menerima ketentuan dari Allah di saat-saat kita sedang berada dalam keadaan prihatin dengan merebaknya wabah Covid-19 yang kita alami sekarang ini,” ucapnya di Jakarta pada Jumat (20/3).

“Walaupun kita menghindar kemanapun kalau Tuhan menghendaki maka kita tidak bisa menghindar. Tapi sebaliknya, walaupun kita berada di tengah- tengah musibah, wabah, kalau Tuhah belum menghendaki kita terkena wabah tersebut kita akan selamat,” tambahnya.

Walau begitu, namun Kiai Said mengatakan bahwa masyatakat juga harus terus berikhtiar untuk melakukan sesuatu usaha agar terhindar dari mara bahaya. “Tidak boleh kita menyerah begitu saja. Jangan kamu celakakan dirimu sendiri. Mari kita berusaha. Ketika sakit kita berobat, ketika datang wabah kitapun harus berusaha,” ujarnya.

Ia mengisahkan sebuah kisah tentang apa yang dilakukan Khalifah Umar bin Khattab Ra, ketika hendak bepergian ke Damaskus, dan di tengah perjalanan mendengar kabar di sana sedang ada wabah Tha’un Amwas maka Khalifah Umar segera kembali ke Madinah, mengurungkan perjalanannya ke Damaskus.

“Ketika ada yang tanya, ‘kan ada takdir Allah SWT’, Beliau menjawab ‘kami menghindari dari takdir tertentu menuju ke takdir yang lain,” tuturnya.

Baca: Polisi Tangkap Penyebar Hoaks Virus Corona di Lombok

Pada kesempatan itu memberikan nasihat ikhtiyar kita secara batin dengan membaca doa, “Audzubikalimatillahi tammati minsyarima khalaq“. Artinya: Aku berlindung kepada-Mu Ya Allah dengan kalimat-Mu yang sangat mulia dan sangat suci dari ciptaan-Mu yang negatif”.

Seperti diberitakan, korban wabah virus Corona (Covid-19) di Indonesia terus berjatuhan. Hingga Jumat (20/3/2020), berdasarkan data resmi yang dikeluarkan pemerintah, tercatat 369 orang positif terinfeksi covid-19. (aw/sindonews/NU).

 

DISKUSI: