Komisi IV DPR: Pendidikan untuk Petani Perlu Diperluas

0
530

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Anggota Komisi IV DPR RI Sutrisno mendorong agar pendidikan dan pelatihan bagi kalangan petani diperluas. Hal ini seiring dengan masih rendahnya tingkat pendidikan petani.

“Dengan persebaran 12.4 juta berpendidikan di atas Sekolah Dasar (SD) dan 25.6 juta berpendidikan di bawah SD,” kata Sutrisno dalam Rapat Dengan Pendapat Komisi IV DPR RI di Jakarta, Selasa (25/5).

Baca: RUU Pertanian Telah Disahkan, Apakah Berpihak pada Petani Kecil?

Sutrisno menjelaskan, rendahnya tingkat pendidikan petani ini juga menunjukkan kualitas sumber daya manusia pertanian yang rendah sehingga dapat menghambat percepatan kedaulatan pangan yang selama ini ingin dicapai pemerintah.

“12.4 juta berpendidikan di atas SD dan 25.6 juta masih di bawah sekolah dasar, apa artinya ini? Sumber daya manusia pertanian sulit untuk didorong untuk bisa mencapai percepatan kedaulatan pangan,” jelasnya.

Menurutnya, kondisi tersebut harus diperbaiki dengan meningkatkan dan pemperluas pendidikan dan pelatihan kepada petani agar SDM pertanian bisa lebih baik.

“Saya sedang melakukan uji coba pengembangan bidudaya padi ramah lingkungan dengan pengembangan bibit baru. Sangat luar biasa pak manfaatnya, (tetapi) petani sama sekali tidak paham itu,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk mencapai kedaulatan pangan diperlukan juga tenaga penyuluh. Dia berharap tenaga penyuluh ke depan bisa lebih responsif.

“Saya berkali-kali mengusulkan jadikan (tenaga penyuluh) organic kementerian, tarik kepada UPT supaya tegas bahwa Kementerian Pertanian punya jejaring untuk bisa menyampaikan kepada petani,” kata dia. (sh/antaranews/dpr.go.id)

 

 

 

DISKUSI: