KH Said Aqil Siroj: Jangan Sombong Hadapi Wabah Covid-19

0
362

Sumber: Kabar24

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj mengajak segenap masyarakat khususnya warga NU (Nahdliyin) untuk terus meningkatkan ibadah kepada Allah Swt di tengah wabah covid-19. Ia juga mengingatkan agar kita tidak sombong terhadap wabah yang pada akhirnya berdampak pada ketidakpatuhan pada arahan pemerintah dan ahli medis.

“Dalam hati kita harus yakin bahwa kita ini ahli ibadah. Orang baik, dan insyaallah, Allah akan menolong melindungi kita. Tapi yakini dalam hati saja dan tawakal. Jangan diomongkan, kalau dipidatokan ‘saya tidak takut corona’ itu namanya sombong,” ucapnya di Jakarta seperti dilansir NU Online pada Sabtu (25/4).

Kiai Said benar-benar mengingatkan agar tidak sombong. Bahkan justru kita harus tawadhu dan mengedepankan akhlak, termasuk ketika berdoa memohon pertolongan Allah. Berdoa dengan penuh kesungguhan hati.

“Bentuk lain tidak sombong adalah tawasul. Sebelum berdoa kirim dulu Fatihah kepada para pendahulu, ulama-ulama kita, guru-guru kita, para pendiri jamiyah Nahdlatul Ulama sampai Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Selain itu, Kiai Said juga menyampaikan bahwa PBNU beserta Badan Otonomnya seperti GP Ansor dan Banser saat ini terus berupaya melakukan banyak hal dalam menanggulangi dampak wabah yang sedang terjadi. NU hingga ke tingkatan daerah terus bersinergi bersama banyak pihak, utamanya dengan pemerintah.

Baca: Ketua GP Ansor: Walau Sulit, Tetap Harus Ada Rasa Empati Pada Sesama

“Satgas Covid-19 yang dibentuk NU selalu ada Ansor-Banser di dalamnya. Termasuk dalam setiap aksi kemanusiaan, (penanganan) bencana alam, tanah longsor dan sebagainya selalu ada Ansor-Banser. Nggak bisa jalan kalau nggak ada Ansor Banser. Semoga semua itu tercatat sebagai amal kebaikan,” tambahnya. (aw/NU/timesindonesia).

DISKUSI: