Ketua Aptisi: Mau Jadi Kampus Kelas Dunia Kuncinya Fokus Riset

0
251

Sumber: jurnalsocialsecurity.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Asosiasi Perguruan tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), Budi Djatmiko mengatakan bahwa apabila ingin perguruan tinggi (kampus) kita menjadi berkelas dunia atau world class university (WCO), maka kuncinya adalah fokus melakukan riset.  Terlebih bagi perguruan tinggi negeri (PTN) semestinya bisa melahirkan banyak hasil riset yang berkualitas. Sebab sudah dibiayai oleh negara.

“Mestinya PTN berorientasi semua pada riset karena pemerintah telah membiayai, maka harusnya PTN memperbesar mahasiswa pascasarjana S2 dan S3 sehingga diaharapkan melahirkan riset berkualitas,” ucapnya di Jakarta pada Rabu (22/1).

Selain meningkatkan riset, untuk menjadi kampus kelas dunia salah satu syaratnya ialah memiliki program studi yang membuka kelas internasional serta memiliki mahasiswa internasional. Hal ini yang sangat memungkinkan hanya PTN dan sebagian kecil PTS.

“Ini pun mestinya PTN bisa memainkannya karena mereka mendapatkan bahan baku calon mahasiswa yang luar biasa bagus, serta memiliki dosen-dosen yang mampu disekolahkan negara ke berbagai negara maju,” katanya.

Menurutnya, kondisi kampus hari ini hanya sibuk dan berkutat pada urusan mahasiswa dan boring. Karena itu. Aptisi mengusulkan agar ke depan akreditasi cukup dengan akreditasi insitiusi, sementara akreditasi program studi menjadi tidak wajib.

Baca: KH Cholil Nafis: Dokter Joserizal Cerita Pernah Diracun di Israel

“Sehingga perguruan tinggi bisa kreatif dan ada waktu untuk menghasilkan inovasi yang unggul,” tambahnya. (aw/republika).

DISKUSI: