KH Cholil Nafis: Dokter Joserizal Cerita Pernah Diracun di Israel

0
126

Sumber: islamindonesia.id

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Muhammad Cholil Nafis menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya aktivis kemanusiaan sekaligus pendiri Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Dokter Joserizal Jurnalis. Kiai Cholil mengaku kepergian Joserizal membuat kita sangat kehilangan pahlawan kemanusiaan yang pemberani dan berjiwa besar itu.

“Selamat jalan almarhum Bung Joserizal, mudah-mudahan Allah menerima seluruh amal baik dan mengampuni seluruh dosa, aamiin yang Rabb,” ucapnya di Jakarta, seperti dilansir republika.co.id pada Selasa (21/1).

Kiai Cholil mengisahkan, ia bertmu langsung dan saling bertukar pikiran dengan Dokter Joserizal saat berada satu forum Konferensi Internasional untuk Kemerdekaan Palestina di Bairut, Lebanon pada 2016 lalu. Menurutnya, Dokter Joserizal cerita bahwa dirinya pernah diracun saat perjalanan ke Israel. Tetapi hal itu dengan kemampuannya dapat di atasi. Kepada Kiai Cholil, Dokter Joserizal memberikan pesan khusus agar membawa bekal makanan sendiri saat ke Israel atau kunjungan ke daerah konflik.

“Dia berpesan kepada saya, hendaknya membawa makanan sendiri kalau melakukan perjalanan ke area konflik, apalagi untuk misi kemanusiaan,” ungkapnya.

Baca: Pendiri MER-C Joserizal Jurnalis Meninggal Dunia

Dokter Joserizal mengembuskan nafas terakhirnya pada 20 Januari 2020. Semasa hidupnya, ia kerap terjun ke wilayah konflik dan perang di dalam negeri dan luar negeri untuk membantu para korban. Bersama sahabat-sahabatnya di MER-C, Joserizal menggagas berdirinya Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, Palestina tahun 2009. Belum lama ini, MER-C juga telah membangun RS Persahabatan Indonesia-Myanmar di Myaung Bwe Village, Mrauk U Township, Rakhine State, Myanmar. (aw/islampos/republika).

DISKUSI: