Kementan Pastikan Stok Cabai Aman hingga Idul Fitri

0
101

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan ketersediaan cabai saat ini mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Idul Fitri nanti. Untuk itu, Kementan meminta masyarakat untuk tidak khawatir karena stok cabai dipastikan aman.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Yasid Taufik menyebutkan, produksi cabai mencapai 281.712 ton, sementara konsumsi cabai nasional sebesar 254.670 ton. Artinya, masih ada surplus sebesar 27.042 ton.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena Early Warning System (EWS) memprediksi stok dan harga cabai dan bawang merah tetap akan terkendali meskipun curah hujan cukup tinggi di bulan Januari sampai Februari ke depan,” kata dia.

Baca: Harga Cabai Mahal, BPS Sebut Pengaruh Cuaca

Dalam hal ini, Kementan telah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi dan memastikan pasokan harga pangan aman dan harga stabil. Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan, pihaknya terus menyempurnakan sistem peringatan dini berbasis data untuk mendeteksi ketersediaan pasokan komoditas, seperti cabai dan bawang.

Dia menjelaskan, sistem tersebut berisi data-data yang didasarkan pada laporan terbaru dari para petugas data di seluruh Indonesia. Dengan sistem ini, kondisi pasokan dalam beberapa bulan kedepan sudah bisa diprediksi

“Kami di Ditjen Hortikultura telah menyusun EWS, yang datanya berasal dari laporan terkini para petugas data di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia. Sistem tabulasi datanya tetap mengacu pada Statistik Pertanian Hortikultura Sayuran Buah Semusim (SPH-SBS) yang dikembangkan BPS. Jadi datanya valid dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya. (sh/republika/jawapos)

 

 

 

DISKUSI: